Minggu, 25 Agustus 2013

PROPOSAL USAHA



     
PROPOSAL USAHA






disusun oleh:
TARWA
BANDUNG, AGUSTUS 2013








DAFTAR ISI

 Daftar isi··························································································
Kata pengantar ···················································································
BAB 1 pendahuluan·············································································
BAB 2 produk usaha············································································
BAB 3 struktur organisasi····································································  
BAB 4 aspek pemasaran········································································
BAB 5 rencana keuangan······································································
BAB 6 penutup···················································································
BAB 7  lampiran·················································································






KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan atas kehadirat Allah SWT kerena atas rahmat dan hidayah-nya saya dapat menyusun PROPOSAL USAHA BORDIR ini dengan lancar dan tepat pada waktunya, Untuk selanjutnya dalam pembuatan proposal ini tidak luput dari bimbingan berbagai pihak.
Proposal  ini saya susun sebagai bahan pertimbangan pengajuan usulan usaha yang saya laksanakan berdasarkan peluang yang ada di wilayah saya sesuai dengan pengamatan sekitar yang telah saya laksanakan.
            Meskipun proposal ini telah saya tulis dengan hati-hati namun saya yakin proposal ini masih jauh dari semprna. Oleh karena nya guna menyempurnakan pelaksanaan kegiatan nantinya.





BAB 1
PENDAHULUAN

Di era global sekarang ini keadaan ekonomi di Indonesia memang sangat memprihatinkan sejak krisis ekonomi yang melanda bangsa Indonesia membuat banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan pengangguran.Banyak kejehatan yang terjadi dimana mana terlebih lebih di kota kota besar seperti Jakarta.banyak para pengusaha yang bangkrut kemudia gulung tikar.Banyak para remaja yang putus sekolah dan menjadi pengangguran.Sebagai warga Negara kreatif kita tidak boleh putus asaataupun pantang menyerah pada keadaan sekarang ini yang serba sulit kita harus berusaha,kreatif,inovatif dan berani mengambil suatu keputusanserta resiko untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.kita tidak harus bergantung pada orang lain.Untuk mendapatkan suatu pekerjaan kita harus berusaha semaksimal mungkin.Salah satu usaha yang dilakukan untuk mengurangi pengangguran yaitu dengan berwira usaha.Dengan kita berwira usaha kita bisa belajar mandiri dan bisa memaknai arti penting kehidupan secara tidak langsung kita sudah membantu banyak orang.





BAB 2
PRODUK USAHA

Apa bordir komputer itu?
    Kita mulai dulu dari  kata "BORDIR", yang dimaksud dengan bordir adalah membuat gambar (bisa berupa ornamen, tulisan, maupun gambar) dengan menggunakan media benang pada bahan berupa kain, kulit,  handuk, dll.
     
     Sebelum adanya mesin bordir komputer, digunakan mesin bordir manual, yaitu mesin yang dijalankan secara manual oleh pengrajin bordir, sehingga bagus atau  tidaknya hasil bordir  bergantung pada sang pengrajin tadi.
Kelemahan dari bordir manual yaitu jika kita ingin membuat bordiran huruf, maka bentuk huruf "A" misalnya, dalam satu kata - tulisan, tidak akan sama.
     
     Begitu juga jika kita ingin membuat bordiran dengan gambar yang sama dalam jumlah banyak (ratusan / ribuan)  akan diperlukan waktu yang cukup lama.
Kelebihannya, harga yang relatif  lebih murah daripada bordir komputer (untuk jumlah yang sedikit, karena tidak dikenakan biaya punching / "film") .
Adanya pelanggan tertentu yang menginginkan bordiran manual karena lebih terlihat HAND MADE daripada bordiran komputer.

Bordir Komputer (Computerized Embroidery)

     Dengan semakin pesatnya  perkembangan didunia teknologi, maka muncullah bordir dengan menggunakan sistem komputer.
Bagaimana cara kerja mesin bordir komputer?
  1. Sumber gambar / desain  yang akan kita buat dapat berasal dari kop surat, gambar tangan atau gambar yang didesain dengan menggunakan software desain seperti Corel draw, Photoshop, Ms. Word ,dll
  2. Gambar-gambar tadi kita scan menggunakan scanner gambar (jika kita menggunakan gambar dari kop surat atau gambaran tangan)
  3. setelah kita scan, maka kita olah gambar tadi menggunakan sofware khusus untuk bordir komputer, ada banyak macam software untuk menggolah gambar ini, dan yang perlu kita ingat bahwa software ini khusus untuk desain bordir komputer. Di dalam software tersebut kita dapat mengatur jalannya benang, warna apa yang harus jalan terlebih dahulu. berapa ketebalan / kerapatan benang dari desain yang akan kita buat, dll.
Setelah desain jadi, ini yang kita sebut dengan PUNCHING / FILM BORDIR, dari film itulah  kita mengetahui berapa banyak STICH (jumlah tusukan) untuk satu desain tertentu .kita dapat menentukan berapa harga bordir dari jumlah STICH  tsb.




BAB 3
STRUKTUR ORGANISASI














































BAB 6
RENCANA KEUANGAN

A.     PROPOSAL PENGAJUAN DANA





NO
JENIS
JUMLAH
HARGA
JUMLAH
1
TEMPAT
1
Rp. 30.000.000 / TAHUN
Rp. 30.000.000
2
MESIN
3
Rp. 200.000.000
Rp. 600.000.000
3
KOMPUTER
1
Rp. 5.000.000
Rp. 5.000.000
4
MEJA& KURSI
4
Rp. 500.000
Rp. 2.000.000
5
PENGGULUNG BENANG
1
Rp. 4.000.000
Rp. 4.000.000
6
PLONGAN APPS
1
Rp. 5.000.000
Rp. 5.000.000
7
LAIN-LAIN
1
Rp. 5.000.000
Rp. 5.000.000




TOTAL
Rp. 651.000.000






B.     PERHITUNGAN RUGI & LABA








PEMASUKAN




JUMLAH MESIN
LAMA
PENDAPATAN
JUMLAH

1
PER BULAN
Rp. 25.000.000
Rp.25.000.000











PENGELUARAN




HAL
JUMLAH
BIAYA
JUMLAH

GAJI
4\ MESIN
Rp. 75.000\ ORANG
Rp. 7. 200.000\ BULAN
LISTIK
1
Rp. 2.000.000\ BULAN
Rp. 2.000.000

BENANG
1\ MESIN
Rp. 1.000.000\ BULAN
Rp. 1.000.000

LAIN- LAIN
1
Rp. 1.000.000\ BULAN
Rp. 1.000.000



TOTAL
Rp. 11. 200.000





KESIMPULAN




MASUK
Rp. 25.000.000


KELUAR
Rp. 11.200.000


LABA
Rp. 13.800.000






                                                                            BAB 7
PENUTUP

   Demikian proposal ini saya susun dengan harapan permohonan pendirian perusahaan yang saya dirikan dapat di kabulkan.pembuatan proposal ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan tentang peluang dalam dunia usaha.Dari pendirian usaha ini,saya menyimpulkan bahwa berdirinya perusahaan ini karena kebutuhan masyarakat  dan permintaan pasar yang sangat mendukung perkembangan usaha ini.Selain itu saya mendirikan perusahaan Bordir ini juga mempunyai tujuan untuk membantu pemerintah mengurangi pengangguran di era krisis global seperti sekarang ini.
Saya menyadari bahwa tiada yang sempurna di dunia ini kecuali yang Maha Kuasa.Dalam pembuatan proposal ini tentunya masih banyak kekurangan,untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna lebih baiknya penyusunan proposal yang selanjutnya.
Akhir dari penulisan proposal ini saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta berpartisipasi dalam penyusunan proposal dan pendirian perusahaan “T&T embriodery”. Dan terima kasih juga atas terkabulnya proposal ini, serta saya berharap agar pelaksanaan perusahaan yang saya dirikan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar seperti harapan saya.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar