TOP, MIDDLE AND LOW MANAJEMEN [SIM- SISTEM INFORMASI MANAJEMEN]
TOP MANAJEMEN bertugas melakukan perencanaan strategis, serta
kebijakan-kebijakan terkait pengambilan keputusan.
Perencanaan strategis adalah Proses pemilihan tujuan-tujuan organisasi,
penentuan strategi, kebijaksanaan dan program-program strategik yang
diperlukan untuk tujuan-tujuan tersebut, dan penetapan metode-metode
yang diperlukan untuk menjamin bahwa strategi dan kebijaksanaan telah
diimplementasikan.” Perencanaan strategis memfokuskan untuk melakukan
hal-hal yang benar (keefektifan).
Proses perencanaan strategis :
1. Penentuan Misi dan Tujuan
Mencakup tentang misi, falsafah, maksud dan tujuan organisasi (seperti
luas perusahaan, macam produk atau jasa yg akan diproduksi atau cara
pengoperasian perusahaan). Perumusan misi dan tujuan merupakan tanggung
jawab kunci bagi manajer puncak.
2. Pengembangan profil perusahaan
Mencerminkan kondisi internal dan kemampuan organisasi. Langkah ini
dilakukan dengan mengidentifikasikan tujuan-tujuan dan strategi-strategi
yg ada sekarang.
3. Analisa lingkungan eksternal
Mendefinisikan perubahan-perubahan lingkungan ekonomi, teknologi, social
/ budaya dan politik yang dapat mempengaruhi organisasi. Disamping itu
perusahaan perlu mengidentifikasikan lingkungan lebih khusus, yg terdiri
dari para penyedia, pasar organisasi, para pesaing, pasar tenaga kerja,
dan lembaga keuangan, di mana kekuatan-kekuatan ini akan mempengaruhi secara langsung operasi perusahaan.
4. Analisa Internal perusahaan – kekuatan dan kelemahan organisasi.
Untuk mendefinisikan kekuatan-kekuatan dan kelemahan strategis
yang penting dimasing-masing bidang (pemasaran, keuangan, produksi
dll.) bagi perumusan perusahaan.
5. Indentifikasi kesempatan dan ancaman strategi
Dengan penentuan berbagai kesempatan yang tersedia bagi organisasi dan
segala ancaman yang harus dihadapi. Misal : perkembangan teknologi,
perubahan kondisi pasar, perubahan politik dll.
6. Pembuatan keputusan strategic
Dengan pemilihan berbagai alternatif yang terbaik.
7. Pengembangan strategi
Dijabarkan secara terperinci tentang rencana, program, anggaran pada operasional bidang
fungsional organisasi.
8. Implementasi strategi
Penerapan stategik menjadi kegiatan.
9. Peninjauan kembali dan evaluasi
Perlu adanya memonitor secara
periodik atau pada tahap kritis untuk menilai apakah organisasi
berjalan kearah tujuan yang telah ditetapkan atau tidak. (intinya adalah
apakah serta diimplementasikan sesuai rencana dan apakah strategi dapat mencapai hasil-hasil yang diharapkan.
MIDDLE MANAJEMEN bertugas melakukan perencanaan
taktis dan pengambilan keputusan. Selain itu juga berwenang dalam
menaikkan harga produk dan berwenang dalam mengambil tindakan bagi para
pegawai yang tidak disiplin atau meatuhi aturan.
LOW MANAJEMEN bertugas dalam perencanaan pengawasan operasi dan
pengambilan keputusan. Pusat pembahasan nya mengenai masalah-masalah
pengoperasian. sasaranya
adalah laba sekarang. Batasan kewenangannya berkisar lingkungan sumber
daya sekarang. Hasil yang diperoleh adalah efisiensi dan stabilitas.
Informasinya dunia bisnis sekarang. Kepemimpinannya konserfatif. Dalam
pemecahan masalah berdasarkan pengalaman masa lalu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar